Senin, 14 Januari 2013

KOMPUTER MATI SENDIRI&CEPAT PANAS/TERLALU PANAS

    
komputer mati sendiri??
pada umumnya ada banyak penyebabnya.komputer jadi overheating<terlalu panas>itu headware maupun jg dari setting software.
Berikut ini saya akan berikan beberapa hal yang menyebabkan cpu menjadi overheating:


1.harus di bedakan antara cpu cepat panas dng cpu terlalu panas.ada perbedaan antara procsesor AMD&Intel.procsesor Intel terbaru hanya membolehkan panas sampai 72oC sedangkan procsesor AMD bisa sampai 85oC jadi ada perbedaan saat di raba dng tangan.tapi jika masalah panas ini menyebabkan cpu mnjadi lambat/mati sendiri barulah ada masalah lain.

2.Kebocoran dari power supply.jika terjadi kebocoran pd power supply,tegangan listrik akan menuju mainboard dan komponen lain akan naik.naiknya tegangan listrik itu akan menyebabkan 2 kemungkinan,yaitu seluruh omponen cpu jadi panas/salah satukomponen akan menjadi rusak,SOLUSI KAMI;untuk memakai stabilizator untuk menjaga tegangan listrik yg tiba2 naik.  

3.cpu di gunakan main game.jk cpu di gunakan main game,maka untuk tampilan game yg sempurna.ada setidaknya 3 komponen yg bekerja berat secara langsung yaitu PROCSESOR,MEMORY UTAMA&VGA.pekerjaan berat yg dilakukan procsesor menyebabkan panas yang tinggi,SOLUSI KAMI: menganjurkan menggunakan tambahan kipas penghisap pada bagian belakang cpu untuk menghisap udara panas dari dalam.

4.KIPAS pendingin rusak/kotor berdebu.jika kecepatan kipas sudah sangat menurun/berdebumaka suplly udara pendingin juga akan menurun sehingga procsesor menjadi overheating.SOLUSI KAMI;Buka kipas pendingin dan bersihkan dari debu di curigai kipas pendingin sudah tidak berfungsi normal.sebaiknya di ganti saja.

5.Almunium Heatsing<pendingin>procsesor/ pada VGA berdebu/kotor.jika kipas sudah tidak ada masalah.pastikan jika almunium pendingin cukup bersih dari debu.karena debu jg dapat menghambat proses pendinginan di suplly oleh kipas.SOLUSI KAMI;bersihkan hetsing ini dengan baik dan ada kalanya di lakukan 6 bulan 1 kali.

6.Kedudukan almunium heatsink tidak tepat.jika almunium ini tidak menempel dengan tepat pada badan procsesor maka akan terjadi overheat pada procsesorcpu pasti mati sendiri.SOLUSI KAMI;BUKA KIPAS DAN BUKA ALMUNIUM HEATSINK apakaah menempel tepat pada procsesor?buka almunium pendingin dan bersihkan dengan pasta pada permukan procsesor oleskan juga pasta yang baru.

7.SEtting BIOS .jika ada melakukan overclok pada bios maka salah satu resikonya adalah cpu cepet panas/bahkan terburuknya bisa menyebabkan cpu mati total.SOLUSI KAMI;JIKA OVERCLOK INI PENYEBABNYA silahkan kembalikan BIOS ke posisi semula.

       sekian dari SOLUSI KAMI.MOGA CATATAN kecil ini bisa bermanfaat di kemudian hari..bagi anda & bagi kam sendiri..

1 komentar:

silahkan tinggalkan jejak anda yang terbaik&tersopan,jadilah komentator yang bermanfaat untuk kita semua: